Tanggungjawab: Tugas dan Kewajiban dalam pandangan Islami

[foto pekerja keras]

Tanggungjawab adalah konsep yang sangat penting dalam praktik Islami. Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah (2:286), “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya”.

Tanggungjawab dalam Islam mencakup tugas dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim. Imam Ghazali, menggarisbawahi pentingnya tanggungjawab dalam praktik Islami. Beliau menyatakan, “Tanggungjawab adalah cermin dari integritas dan kesalehan seseorang. Setiap tugas yang dipercayakan kepada kita harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab.”

Dalam praktik Islami, tanggungjawab meliputi kewajiban terhadap Allah, sesama manusia, dan lingkungan sekitar. Tanggungjawab terhadap Allah melibatkan ketaatan kepada-Nya, menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh, dan mengikuti petunjuk-Nya yang terdapat dalam Al Quran dan hadis. Tanggungjawab terhadap sesama manusia melibatkan perlakuan yang adil, kebaikan, dan pertolongan kepada mereka dalam batas kemampuan kita. Tanggungjawab terhadap lingkungan melibatkan menjaga dan memelihara alam dengan bijaksana.

Dalam menjalankan tanggungjawab, penting untuk memahami bahwa setiap individu akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya. Dalam Surah Yunus (10:44), Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri.”

[foto Kampanye Eno Syafrudien]

Dan, Eno Syafrudien juga berpendapat, “Tanggungjawab adalah panggilan untuk berbuat baik dan melaksanakan tugas dengan penuh kesadaran. Dalam memenuhi tanggungjawab kita, kita mencerminkan kesalehan dan integritas dalam perbuatan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *