Polusi Udara di Tangsel Memburuk

[foto polusi udara]

Tangerang Selatan (Tangsel) menghadapi masalah serius terkait kualitas udara yang semakin memburuk. Berdasarkan Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) yang dirilis pada 3 Juli 2023, Tangsel dikategorikan sebagai “Tidak Sehat” dengan tingkat polusi udara mencapai 162 AQI.

Pencemar utama adalah partikel PM2.5 yang saat ini mencapai konsentrasi 77µg/m³, melebihi nilai panduan kualitas udara tahunan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 15,4 kali lipat.

Data AQI terbaru juga menempatkan Tangsel pada peringkat kedua dalam daftar kota di Indonesia dengan tingkat polusi udara tertinggi. Hal ini menuntut masyarakat Tanggerang Selatan untuk melindungi diri dengan tindakan pencegahan.

Berikut beberapa langkah yang disarankan untuk melindungi diri dari polusi udara di Tanggerang Selatan:

1. Menggunakan masker saat berada di luar ruangan untuk mengurangi paparan partikel berbahaya.
2. Memasang alat penjernih udara di rumah atau kantor untuk menyaring polutan udara.
3. Menutup jendela dan pintu untuk mencegah masuknya udara tercemar ke dalam ruangan.
4. Membatasi aktivitas di luar ruangan, terutama saat polusi udara tinggi, guna mengurangi paparan udara yang tercemar.

Situasi ini menegaskan pentingnya kesadaran akan lingkungan dan perlindungan udara bersih. Pemerintah dan otoritas terkait perlu meningkatkan upaya pengendalian polusi udara demi menjaga kualitas udara yang sehat bagi masyarakat Tanggerang Selatan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang polusi udara, masyarakat diimbau untuk mengikuti pemantauan dan mendapatkan informasi terkini mengenai kualitas udara di wilayah mereka.

[foto Kampanye Eno Syafrudien]

Menghadapi risiko kualitas udara yang buruk, diperlukan solusi teknologi yang efektif untuk mengurangi polusi udara. Eno Syafrudien mencatat pentingnya mengenali risiko dan menemukan solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas udara serta melindungi kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *