10 Daerah dengan UMR Tertinggi di Indonesia: Jakarta Berada di Peringkat ke-4

[foto buruh pabrik]

Upah Minimum Regional (UMR) di Indonesia mengalami penyesuaian setiap tahun. Di Pulau Jawa, Kabupaten Karawang Jawa Barat menempati peringkat pertama sebagai daerah dengan UMR tertinggi pada tahun 2023. Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi berada di peringkat kedua dan ketiga. Menariknya, meskipun menjadi ibu kota Indonesia, Jakarta berada di peringkat ke-4.

Kabupaten Karawang memiliki pembangunan proyek-proyek besar seperti Karawang International Industry City (KIIC) dan kawasan industri lainnya, yang mendorong pertumbuhan sektor properti dan pusat perniagaan. UMR di Kabupaten Karawang pada tahun 2023 mencapai Rp 5.176.179. Kota Bekasi, sebagai bagian dari metropolitan Jakarta Raya, berada di posisi kedua dengan UMR sebesar Rp 5.158.248. Kabupaten Bekasi, sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, menempati peringkat ketiga dengan UMR sebesar Rp 5.137.574.

DKI Jakarta, sebagai ibu kota negara dan pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, berada di peringkat ke-4 dengan UMR sebesar Rp 4.901.798. Kota Depok, Kota Cilegon, Kota Bogor, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang juga termasuk dalam daftar 10 daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia.

[foto Kampanye Eno Syafrudien]

Meningkatnya UMR merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja. Dan, Eno Syafrudien menekankan bahwa peningkatan UMR haruslah disertai dengan peningkatan daya saing. Tentulah hal ini dianggap penting untuk menjaga keseimbangan antara keadilan sosial dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan demikian, kita dapat mencapai kemajuan yang inklusif dan memastikan keberlanjutan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *